Artikel Belajar dan Bermanfaat

Thursday 13 October 2022

Cara Menjadi Seorang Vegetarian dan Manfaatnya

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, yaitu manfaat vegetarian. Pada artikel tersebut dijelaskan banyak sekali benefit yang didapat dari diet vegetarian. Namun bagi sebagian orang yang gemar mengkonsumsi daging, faktanya sangat sulit untuk “merubah haluan” menjadi seorang vegetarian.

Sejalan dengan semakin buruknya kualitas lingkungan, banyak masyarakat urban yang beralih menjalani gaya hidup vegetarian, entah itu untuk alasan kesehatan maupun sebagai program diet. Awalnya memang sangat sulit karena belum terbiasa, terlebih bagi mereka yang tidak suka sayuran. Namun harus kita ketahui, mengkonsumsi sayuran mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Bagi Anda yang ingin memulai diet vegetarian, ada baiknya anda mengenal jenis vegetarian terlebih dahulu sebelum menyimak tips bagaimana memulai menjadi seorang vegetarian :

Cara Menjadi Seorang Vegetarian dan Manfaatnya

1. Siapkan Diri dengan Pengetahuan

Untuk pemula, dan belum yakin dengan apa yang direncanakan, berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli gizi serta bersosialisasi dengan para vegetarian lain yang sudah lama menjadi vegetarian, setidaknya Anda mempunyai pengetahuan dasar yang cukup tentang bagaimana menjadi seorang vegetarian.

2. Renungkan

Bagi Anda yang kurang suka dengan sayuran bahkan sudah sangat terbiasa mengkonsumsi daging, renungkan dan fikirkan bagaimana dampak buruk bagi kesehatan jangka panjang jika terlalu banyak mengkonsumsi daging tanpa dilengkapi dengan sayur dan buah. Asupan gizi yang tidak seimbang bahkan akan mengganggu kesehatan kita kedepannya. Karena terlalu banyak mengkonsumsi daging, kadar kolesterol dalam tubuh akan terus meningkat.

3. Memulai dari Hal Kecil

Jika Anda terbiasa dengan konsumsi daging, Anda bisa mengurangi jumlah maupun jenisnya, misalkan biasanya Anda memakan satu porsi daging, ubahlah menjadi setengah porsi daging dan setengah porsi sayuran.

4. Mengubah Kebiasaan Sederhana

Ubahlah kebiasaan memakan makanan ringan yang tidak bergizi dan tinggi MSG dengan kacang-kacangan atau biji-bijian, seperti almond yang selain rasanya enak juga memiliki kandungan gizi dan salah satu sumner protein yang baik bagi tubuh.

5. Berinovasi

Bagi yang baru memulai, menjadi vegetarian mungkin sangat membosankan, karena menu vegetarian terkesan itu-itu saja. Perbanyak koleksi resep vegetarian Anda, manfaatkan teknologi internet yang Anda miliki untuk mencari dan mengkreasikan menu vegetarian Anda.

6. Mencari Alasan Positif

Manfaat menjadi vegetarian sangatlah banyak bagi kesehatan kita. Untuk memotivasi, Anda bisa mencari alasan positif untuk melakukan diet vegetarian, yakinkan diri Anda untuk menjadi pribadi yang lebih sehat.

7. Berbagi Cerita dengan Keluarga

Share dengan keluarga tentang rencana dan tujuan Anda menjadi seorang vegetarian, ceritakan dan mintalah dukungan dari mereka, karena tentu keluarga Andapun ingin melihat kita selalu sehat dan hidup bahagia.

Manfaat Hidup Sebagai Vegetarian

Mengapa memilih menjadi vegetarian ? Sebagian orang mempunyai alasan ketika memilih untuk menjadi seorang vegetarian. Entah itu untuk alasan kesehatan, diet ideal, kecantikan, bahkan alasan kepercayaan Agama, Karena telah kita ketahui sebelumnya, bahwa vegetarian adalah sebutan untuk orang yang tidak mengkonsumsi daging dan hanya mengkonsumsi sayuran.

Dengan memilih sebagai vegetarian, tentunya banyak manfaat yang diperoleh untuk kesehatan. Apa saja sih manfaat menjadi vegetarian ? Berikut ini adalah manfaat vegetarian :

1. Mengurangi Resiko Gangguan Kesehatan

Menurut penelitian di amerika, para nabatiawan terbukti secara ilmiah lebih sehat, panjang umur, bahkan awet muda. Mereka juga terhindar dari penyakit jantung.

Penelitian modern lain juga menunjukan bahwa serat dalam sayur dan buah sangat berguna bagi kesepakatan pencernaan dan mencegah penyakit dalam usus. Wanita vegetarian yang memasuki masa menopause akan memiliki resiko penyakit jantung, kanker endometrium dan kanker payudara lebih kecil dibanding wanita umumnya.

2. Berat Badan Ideal

Menjadi vegetarian tentunya memutuskan untuk tidak memakan daging, Untuk itu hanya sayur mayur yang menjadi menu harian Anda. Sayur dan buah yang rutin dikonsumi memiliki serat yang kompleks, sehingga baik untuk kesehatan Anda.

Dengan mengkonsumsi sayur dan buah, akan membuat Anda kenyang lebih lama, dengan begitu akan mengontrol berat badan Anda. Berat badan yang ideal akan mencegah dari penyakit jantung dan gula darah tinggi.

3. Kalori Tanpa Lemak

Dengan konsumsi sayur dan buah seimbang, dapat memenuhi kebutuhan kalori meski tanpa mengkonsumsi daging, sehingga asupan gizi tetap lengkap dengan memilih vegetarian food yang tepat.

4. Melancarkan Metabolisme

Manfaat vegetarian berikutnya adalah meningkatkan kesehatan sistem ekskresi. Kandungan nutrisi dan gizi pada sayuran dan buah, dapat membantu melancarkan proses metabolisme pada tubuh.

5. Awet Muda

Beberapa vegetarian food seperti kacang kacangan dan beberapa buah serta sayuran diyakini sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit Anda.

6. Terhindar dari lemak Jahat

Manfaat vegetarian lainnya adalah dengan tidak mengkonsumsi bahan makanan dari daging, sama dengan mencegah masuknya lemak jahat ke dalam tubuh. Sedangkan lemak yang terkandung pada sayuran dan buah merupakan  adalah lemak tak jenuh yang sangat baik bagi kesehatan tubuh jangka panjang.

7. Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A yang terdapat pada sayuran dan buah seperti wortel, tomat, apel dapat mengurangi resiko kerusakan pada mata yang dewasa ini lelah karena layar komputer atau smartphone.

8. Mengecilkan Perut Buncit

Peru yang membuncit disebabkan karena tidak lancarnya proses pencernaan atau lemak yang berasal dari bahan makanan dari daging. Dengan hanya memakan sayur dan buah, kebutuhan serat tubuh Anda akan terpenuhi, yang berakibat membaiknya sistem pencernaan.

9. Menjaga Tekanan Darah

Manfaat vegetarian yang terakhir adalah telah terbukti menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan mencegah hipertensi pada usia 30 keatas yang normal.

Apapun tujuan Anda memilih menjadi seorang vegetarian, memulai dari sekarang adalah waktu yang terbaik, dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah serta mengurangi daging apalagi makanan-makanan instan atau cepat saji yang kurang baik bagi kesehatan jangka panjang.

Demikianlah informasi kesehatan tentang cara menjadi seorang vegetarian dan manfaatnya. Semoga info kesehatan ini dapat memberikan manfaat kepada anda yang membutuhkan.

Cara Menjadi Seorang Vegetarian dan Manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin