Artikel Belajar dan Bermanfaat

Wednesday 3 August 2022

Fungsi NPWP & Manfaat Menggunakan NPWP

Fungsi NPWP dan Manfaat Menggunakan NPWP – Sudah menjadi kewajiban bagi seluruh warga negara yang dimana telah ditetapkan dalam aturan,

Bahwasanya setiap warga negara wajib dalam membayar pajak. Hal itu, membuat bahwa setiap orang yang telah,

Berstatus sebagai wajib pajak dan telah memenuhi syarat-syarat wajib untuk mempunyai apa yang disebut dengan NPWP.

Kepanjangan NPWP adalah Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP sendiri ini sebenarnya tidak jauh beda dengan KTP,

Apabila KTP adalah catatan kependudukan, maka NPWP merupakan catatan bahwa anda adalah wajib pajak yang telah memiliki penghasilan.

Melalui hal ini, maka penghasilan itu dimana diwajibkan untuk mengeluarkan pajak kepada negara dalam membantu negara untuk pembangunan nasional.

Namun, tidak hanya menguntungkan atau membuahkan manfaat bagi negara, dengan memiliki ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan.

Walaupun ada banyak fungsi dan manfaat NPWP yang ditawarkan baik itu NPWP pribadi maupun NPWP perusahaan atau badan usaha, Masih banyak orang yang belum teredukasi mengenai hal ini sehingga malas atau enggan membuat NPWP.

Fungsi NPWP & Manfaat Menggunakan NPWP (Foto: Artikelsiana.com)
Fungsi NPWP & Manfaat Menggunakan NPWP (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi dan Manfaat NPWP

Padahal, masih banyak sekali kegunaan NPWP yang jarang diketahui, seperti berikut ini.

1. Mengajukan Kredit

Sebagai syarat dalam mengajukan kredit baik ke bank atau pembelian barang seperti mengenai kepemilikan NPWP.

Selain itu, untuk pihak pemberi pinjaman misalnya Bank perlu dokumen NPWP untuk mengeluarkan dana serta jaminan data diri Anda.

2. Pengajuan dan Pembuatan SIUP

Anda membutuhkan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) jika berencana mendirikan usaha perdagangan sendiri. SIUP merupakan bukti sah dari berdirinya usaha Anda yang diberikan oleh pemerintah daerah.

Dokumen ini dibutuhkan baik untuk perusahaan besar maupun UKM (usaha kecil menengah) untuk mendapat pengesahan dan pengakuan dari pemerintah.

Anda diwajibkan untuk terlebih dulu memiliki NPWP dengan tujuan Anda sebagai pengusaha juga harus melaporkan pajak usaha Anda.

3. Pembuatan Paspor

NPWP adalah salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk membuat paspor selain KTP atau KK.

Dalam beberapa kasus, misalnya, jika Anda ingin membuat paspor untuk anak, maka daftarkan anak Anda dalam dokumen NPWP milik Anda.

4. Pembuatan Rekening Koran di Bank

Rekening koran merupakan versi lain dari buku bank, di mana Anda bisa melihat mutasi saldo Anda secara keseluruhan.

Setiap Bank mengharuskan nasabah untuk memiliki NPWP jika ingin mengajukan permohonan pembuatan rekening koran.

5. Administrasi Pajak Final

Sedikit berbeda dengan melaporkan pajak pada akhir tahun pajak, administrasi final merupakan pajak yang harus diselesaikan dalam masa pajak yang sama seperti saat individu terkait menerima sesuatu.

Pemotongan ini dikenakan kepada jenis penghasilan seperti deposito, hadiah berupa lotere, undian dan transaksi saham.

Untuk menyelesaikan urusan pajak ini, Anda wajib memiliki NPWP terlebih dulu.

6. Mengetahui Jumlah Pajak

Tidak semua orang mampu menghitung sendiri pajak yang harus mereka bayarkan setiap tahunnya mengingat rumitnya perhitungan tersebut ataupun adanya perubahan ketentuan dari pemerintah.

Kepemilikan NPWP membantu Anda dalam hal ini karena Anda bisa mengetahuinya langsung dengan nomor yang tertera pada kartu.

Anda bisa langsung datang ke kantor pajak atau memeriksa secara online (daftarkan diri dan buat akun terlebih dahulu).

7. Potongan Pajak Lebih Rendah

Mereka yang merupakan wajib pajak namun tidak memiliki NPWP harus membayarkan pajaknya sebesar 20%, lebih tinggi dari dari jumlah pajak yang mesti dibayarkan.

8. Mengurus Retur Pajak

Anda bisa meminta retur atau pengembalian uang jika ternyata Anda kelebihan membayar pajak karena suatu kesalahan. Pengajuan retur ini hanya berlaku bagi mereka yang memiliki NPWP saja.

9. Pengajuan Pengurangan Total Bayar Pajak

Jika Anda merasa nilai pajak Anda terlalu besar padahal kondisi finansial Anda tak memungkinkan, Anda bisa mengajukan pengurangan nilai bayar pajak yang harus dibayarkan. Salah satu syarat atau dokumen yang harus dilampirkan adalah NPWP Anda.

Membuat NPWP saat ini begitu mudah, Anda bisa mengurusnya melalui pendaftaran NPWP online (eRegistration).

Begitu juga dengan persyaratan membuat NPWP yang dijelaskan secara detail dan bisa Anda unggah pada situs ereg.pajak.go.id.

Demikianlah informasi mengenai Fungsi NPWP & Manfaat Menggunakan NPWP. Sekian dan terima kasih. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Fungsi NPWP & Manfaat Menggunakan NPWP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin