Artikel Belajar dan Bermanfaat

Saturday 5 March 2022

Pengertian Kebugaran Jasmani Adalah: Unsur, Tujuan dan Manfaat

Pengertian Kebugaran Jasmani Adalah: Unsur, Tujuan dan Manfaat – Pengertian kebugaran jasmani adalah terbagi atas dua yaitu kebugaran adalah perpaduan antara olahraga dan aktivitas yang dilakukan pada tempat olahraga, rumah ataupun tempat yang lainnya. Sedangkan untuk jasmani adalah segala hal yang berhubungan dengan tubuh.

Jadi, pengertian kebugaran jasmani adalah suatu istilah umum yang dipakai untuk menyebutkan kegiatan atau bentuk aktivitas yang menyehatkan pada tubuh manusia. Semakin baik pada kebugaran jasmani dari seseorang maka semakin kuat pula fisik atau daya tahan pada tubuh yang dimilikinya.

Pada artikel yang singkat ini, kita akan membahas materi mengenai kebugaran jasmani atau kesegaran jasmani atau kebugaran tubuh yang mulai dari pengertian hingga unsur unsur yang terdapat pada kebugaran jasmani.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani Adalah: Unsur, Tujuan dan Manfaat
Pengertian Kebugaran Jasmani Adalah: Unsur, Tujuan dan Manfaat

Pengertian Kebugaran Jasmani menurut para ahli

Adapun pengertian kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan fisik yang telah dimiliki oleh seseorang untuk dapat melakukan kegiatan fisik tanpa harus mengalami rasa lelah atau merasakan capek yang berarti. Dalam bahasa inggrisnya, untuk istilah kebugaran jasmani disebut dengan nama physical fitness.

Seseorang yang mempunyai kebugaran tubuh yang baik maka akan mempunyai kemampuan melakukan kegiatan sehari-hari secara efektif karena mempunyai cukup kebugaran sehingga bisa menyupport segala kegiatan inti dan juga kegiatan tambahan sehari-harinya.

– Menurut Rusli Lutan bahwa Kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan seseorang di dalam menyelesaikan segala bentuk kegiatan fisik di dalam sehari-hari yang memerlukan 3 unsur inti. Pada ketiga unsur inti tersebut adalah kekuatan, fleksibilitas dan daya tahan.

– Menurut Muhajir bahwa Kebugaran Jasmani adalah suatu kemampuan fisik yang berasal dari seseorang dalam melakukan suatu adaptasi terhadap beberapa kegiatan sehari-hari tanpa merasakan suatu rasa cepk dan kelelahan.
– Menurut Djoko Pekik Irianto bahwa Kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan yang berasal dari manusia di dalam melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari dan masih tetap mempunyai tenaga cadangan untuk dapat melakukan kegiatan tambahan.

Berdasarkan dari pada defenisi yang ada di atas maka bisa disimpulkan bahwa pengertian kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa mengalami suatu kelelahan yang berarti.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani Adalah: Unsur, Tujuan dan Manfaat
Pengertian Kebugaran Jasmani Adalah: Unsur, Tujuan dan Manfaat

Kebugaran Jasmani memiliki beberapa manfaat. Nah, berikut ini terdapat beberapa manfaat dari latihan kebugaran jasmani.

– Meningkatkan fleksibilitas
– Merangsang Pertumbuhan pada tubuh, terutama pada anak-anak.
– Mengurangi stres dan menambah kebahagiaan.
– Memiliki rasa tanggung jawab dalam memelihara kebugaran dan kesehatan tubuh.
– Mencegah terjadinya obesitas atau kegemukan.
– Membentuk keberanian, kepercayaan diri dan kesanggupan untuk dapat bekerjasama.
– Membentuk kekuatan dan daya tahan pada otot-otot tubuh.

Selain dari 7 poin yang ada di atas, kebugaran jasmani juga memiliki manfaat supaya diri kita yaitu:

1. Terhindar dari beragam penyakit

Terdapat beberapa jenis penyakit yang akan dapat meningkatkan resikonya kepada seseorang yang mempunyai kebugaran jasmani yang buruk. Dengan kata lain bahwa seseorang yang mempunyai kualitas kebugaran jasmani yang baik akan dapat mempunyai resiko lebih rendah mengalami suatu penyakit tertentu.

Penyakit yang paling memiliki resiko dialami oleh seseorang dengan mempunyai kualitas kebugaran jasmani yang rendah yaitu hipertensi dan penyakit jantung.

2. Menurunkan Kandungan Lemak Jahat yang terdapat pada tubuh

Kandungan lemak jahat yang terdapat pada tubuh seseorang, secara umum meningkat disebabkan oleh konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh atau berkolesterol tinggi. Seseorang yang memiliki kandungan lemak jahat terlarut yang tinggi di dalam darah akan mempunyai resiko yang lebih besar mengalami berbagai macam masalah kesehatan.

3. Menurunkan resiko kanker

Seseorang dengan memiliki kualitas kebugaran jasmani yang tinggi juga akan mempunyai resiko terserang kanker yang lebih kecil. Setiap manusia yang mempunyai resiko terserang kanker, akan tetapi resiko tersebut bisa ditekan dengan cara melakukan kegiatan dan latihan fisik untuk dapat meningkatkan kualitas kebugaran jasmani.

4. Meningkatn Mood dan Daya Energi

Seseorang yang memiliki kebugaran jasmani yang baik pada umumnya mempunyai mood atau kondisi psikologis yang tergolong baik. Melakukan suatu latihan fisik ringan untuk dapat menjaga kebugaran jasmani bisa menjadi jalan yang terbaik mempunyai mood yang stabil.

Selain daripada itu, seseorang yang memiliki kondisi fisik yang baik atau mempunyai kualitas kebugaran jasmani yang tinggi umumnya juga mempunyai kekuatan otot dan energi yang tergolong baik. Selain faktor latihan, kualitas kebugaran jasmani juga didapatkan lewat asupan nutrisi dan kecukupan waktu untuk beristirahat.

Unsur Unsur Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani Adalah: Unsur, Tujuan dan Manfaat
Pengertian Kebugaran Jasmani Adalah: Unsur, Tujuan dan Manfaat

Pada kebugaran jasmani memiliki beberapa unsur antara sumber yang satu dengan yang lainnya kadang ada perbedaan. Terkadang ada yang hanya menuliskan 5 atau 10 unsur. Nah, berikut ini merupakan unsur-unsur kebugaran jasmani yang lengkap.

– Kecepatan reaksi
– Komposisi
– Reaksi (Reaction)
– Ketepatan (accuracy)
– Keseimbangan (balance)
– Koordinasi (Coordination)
– Daya Ledak (power)
– Kelenturan (flexibility)
– Kelincahan (agility)
– Daya Tahan otot dan paru-paru
– Daya tahan otot (muscular power)
– Kekuatan (strength)

Berikut ini terdapat penjelasan 5 unsur yang ada di atas:

1. Kekuatan

Kekuatan atau Strength adalah salah satu unsur yang utama dari pada kebugaran jasmani. Kekuatan termasuk bagian dari kualitas kebugaran jasmani yang dinilai melalui kemampuan fisik dari seseorang dalam hal penggunaan otot untuk dapat melakukan kegiatan sehari-hari. MAssa otot yang cukup dengan kekuatan yang baik dapat menjadi bagian terpenting untuk mempunyai salah satu unsur utama pada kebugaran jasmani.

Kekuatan otot bisa dilatih dengan cara melakukan beberapa latihan fisik seperti push up, sit up dan juga squat-jump. Latihan fisik berupa sit up akan memberikan suatu manfaat berupa meningkatkan kekuatan otot pada area perut. Sedangkan untuk latihan push up akan dapat melatih otot bagian lengan dan tubuh bagian atas. Sementara itu, squat jump akan dapat melatih otot area perut dan kaki atau anggota gerak tubuh pada bagian bawah.

2. Daya Otot

Daya otot atau muscular power adalah suatu unsur kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kemampuan otot untuk mendukung kegiatan fisik dalam sehari-hari. Daya otot bisa dilatih dengan melakukan beberapa latihan untuk dapat melatih otot-otot utama pada tubuh manusia.

Side-jump memiliki manfaat dalam meningkatkan daya ledak pada otot di bagian paha dan tungkai. Vertical jump akan dapat meningkatkan daya otot bagian tungkai. Sedangkan untuk latihan front jump akan dapat melatih dan meningkatkan daya ledak pada bagian tungkai dan otot bagian betis.

3. Daya Tahan

Daya tahan berhubungan langsung dengan stamina atau kemampuan melakukan suatu kegiatan dalam jangka waktu yang lama. Daya tahan memerlukan latihan yang kompleks karena berhubungan dengan meningkatkan kinerja dari paru-paru, jantung dan sistem peredaran darah serta kekuatan otot. Latihan untuk dapat meningkatkan daya tahan bisa berupa lari atau jogging dengan durasi waktu sekitar 30 menit setiap harinya.

4. Kecepatan

Kecepatan menjadi unsur kebugaran jasmani bisa dimaknai menjadi kemampuan melakukan suatu tugas secara baik dan benar sehingga bisa cepat selesai. Adapun salah satu latihan kecepatan yang sangatlah mudah untuk dilakukan yaitu latihan lari untuk dapat meningkatkan kecepatan.

5. Kelincahan

Kelincahan termasuk bagian dari unsur kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kemampuan untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan kondisi saat melakukan kegiatan sehari-hari. Ada beberapa latihan umum yang dapat kita lakukan untuk dapat melatih kelincahan seseorang yaitu berlari naik turun tangga, berlari dengan arah zig-zag merupakan dua latihan untuk melatih kelincahan yang paling mudah dan umum dilakukan.

Bentuk bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani Adalah: Unsur, Tujuan dan Manfaat
Pengertian Kebugaran Jasmani Adalah: Unsur, Tujuan dan Manfaat

Kebugaran jasmani seseorang bisa diuji dengan melakukan beberapa aktivitas latihan tertentu yang diantaranya:

– Latihan kekuatan otot bahu dan lengan
– Back lift untuk dapat melatih otot panggung.
– Sit up untuk dapat melatih kekuatan otot perut
– Push up untuk dapat melatih kekuatan otot lengan.

Kegiatan ini merupakan suatu contoh kebugaran jasmani yang dapat digunakan untuk dapat menguji daya tahan pada tubuh dan kekuatan otot. Adapun contoh latihan kebugaran jasmani lainnya yang praktis dan dapat dilakukan untuk dapat menguji kualitas kebugaran jasmani adalah melakukan push up , lari bolak-balik dan melakukan lompat jauh tanpa ada awalan.

Nah, demikianlah informasi tentang pengertian kebugaran jasmani adalah: unsur, macam, tujuan dan manfaat. Semoga informasi ini memberikan manfaat kepada anda yang sedang membutuhkan informasi tentang kebugaran jasmani.

Pengertian Kebugaran Jasmani Adalah: Unsur, Tujuan dan Manfaat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin