12 Contoh Peristiwa yang Berkaitan dengan Gaya Gravitasi


Pernah tidak kamu membayangkan mengapa manusia tidak bisa melayang? Manusia selalu berpijak di tanah, kan begitu menyenangkan apabila manusia bisa melayang bebas di udara tanpa ada hambatan sekalipun.

Ingin ke suatu tempat juga begitu cepat karena tidak perlu lagi harus melintasi jalan yang berkelok-kelok panjangnya. Namun jika melayang, setiap orang hanya butuh beberapa menit untuk bisa sampai. Memang pikiran ini kadang terlintas di pikiran setiap orang, namun tahukah kamu mengapa hal itu bisa terjadi?

Hal yang menjadi alasan manusia sehingga mereka tetap berpijak di tanah tanpa peduli sekuat apapun dia melompat, dirinya tidak bisa melayang karena faktor utamanya adalah gravitasi.

Menurut NASA, gravitasi adalah gaya yang terdapat dalam sebuah planet atau benda untuk menarik benda ke objeknya. Hal inilah yang menjadi penyebab, benda yang tidak memiliki kemampuan terbang akan selalu menginjak bumi karena terdapat gaya tarik ke inti bumi.



Selain itu, hal ini juga terjadi di luar angkasa dimana planet tidak saling bertabrakan satu sama lain karena terdapat gaya gravitasi masing-masing planet sehingga mereka tetap berada di tempatnya.



Bayangkan saja apabila tidak terdapat gaya gravitasi maka dapat membuat planet bisa bertabrakan dan akhirnya terjadi bencana yang besar dan mematikan banyak makhluk hidup atau bahkan beberapa tata surya akan kaca balau.



Di sinilah pentingnya gaya gravitasi. Dengan gaya gravitasi ini sehingga planet dalam tata surya bisa terikat dan mengelilingi matahari. Salah satu contoh sederhana adanya gaya gravitasi bisa dengan melakukan percobaan pada sebuah koin.

Cobalah lemparkan koin tersebut ke atas, yah memang akan melesat ke atas namun hal tersebut akan jatuh lagi ke bawah. Bahkan tak hanya koin, benda seperti penghapus, bola, pensil, kapas dan benda ringan sekalipun akan jatuh kebawah dengan waktu dan kecepatan tertentu.

Mengukurnya tidaklah begitu sulit, semakin berat suatu benda itu maka benda yang akan jatuh akan semakin cepat. Sedangkan untuk benda yang ringan, maka jatuhnya pun akan lambat contohnya kapas yang butuh waktu lama untuk jatuh. Selain dari itu, terdapat beberapa contoh-contoh peristiwa yang dipengaruhi gaya gravitasi dalam kehidupan sehari-hari anda.

Contoh Peristiwa Yang Dipengaruhi Gaya Gravitasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Adapun contoh-contoh peristiwa yang dipengaruhi gaya gravitasi dalam kehidupan sehari-hari adalah:

    1. Pasang surut air laut akibat gravitasi Matahari.
    2. Bermain sepak bola, basket, voli, maupun lempar takraw.
    3. Manusia bisa berdiri dengan tegak di permukaan Bumi.
    4. Manusia bisa meloncat dan kembali ke tanah.
    5. Air dan zat cair lain tetap berada dalam wadahnya.
    6. Makanan tetap berada di piring.
    7. Rambutmu yang tergerai tetap jatuh ke bawah.
    8. Manusia bisa tidur di atas kasur dengan tenang.
    9. Benda-benda tetap berada pada tempatnya
    10. Benda yang dilempar selalu berakhir jatuh ke bawah.
    11. Gas penyusun atmosfer Bumi tetap berada di Bumi dan tidak hilang ke luar angkasa.
    12. Pesawat terbang bisa mendarat di permukaan Bumi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Contoh Peristiwa yang Berkaitan dengan Gaya Gravitasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *