11 Contoh Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Alam Sekitar


Contoh Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Alam Sekitar – Dalam interaksi terdapat hubungan timbal balik. Hubungan itu baik untuk individu dengan individu, individu dan kelompok, serta kelompok dengan kelompok. Namun, pada perkembangannya interaksi itu juga berlaku dengan lingkungan alam sekitar, sosial, budaya dan ekonomi.

Dengan bentuk interaksi yang semakin meluas dengan mencakup lingkungan alam sekitar, maka tentunya setiap dari pola interaksi itu terdapat berbagai macam permasalahan yang disebut dengan Dinamika Interaksi.

Melalui dinamika inilah yang mendorong terbentuknya perubahan yang bisa menguntungkan atau malah sebaliknya akan merugikan.

Apabila interaksi ini bisa berjalan sesuai, maka terjadi hubungan timbal balik, seperti alam sekitar menjadi baik atau lingkungan yang bersih, dengan melalui itu, maka ini juga akan menguntungkan manusia.

Sebab lingkungan atau alam sekitar dimana manusia berada, menjadi komponen penting bagi kehidupan manusia. Dengan berinteraksi dengan lingkungan alam sekitar maka manfaat tersebut akan mengarah juga kepada manusia, dan terhindar dari bencana alam seperti longsor, banjir, penyakit dll.

Melalui hal itu, penulis akan membahas secara singkat dan sederhana mengenai Interaksi Manusia dengan lingkungan alam sekitar. Adapun penjelasannya dapat dilihat dibawah ini:

Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam Adalah?

Sebelum membahas secara lengkap mengenai apa yang dimaksud dengan interaksi manusia dengan lingkungan alam.

Tahukah anda apasih arti dari Lingkungan alam itu? Arti dari Lingkungan alam adalah suatu daerah yang terbentuk secara alamiah tanpa melalui campur tangan manusia yang mencakup semua bendah hidup dan tak hidup.

Terdapat komponen dalam lingkungan alam sekitar yang pada dasarnya komponen itu terdiri atas dua yakni komponen abiotik dan biotik. Arti dari komponen abiotik adalah sesuatu yang ada di lingkungan yang bukan makhluk hidup. Sedangkan pengertian dari Lingkungan biotik adalah benda hidup yang ada di lingkungan.

Maka dari itu, dalam lingkungan alam terdapat interaksi. Interaksi yang dimaksud dari hal ini adalah interaksi antara lingkungan abiotik dengan lingkungan biotik.

Bahkan lebih khusus, terdapat interaksi antara komponen lingkunan biotik dan antar komponen biotik yang berikatan. Contoh interaksi antara komponen abiotik dengan biotik ialah tanah, suhu dan curah hujan yang memengaruhi jenis tanaman yang tumbuh suatu daerah.

Sedangkan untuk contoh interaksi lingkungan biotik juga dapat memengaruhi lingkungan abiotik ialah seperti daerah yang subur akan membuat suhu jadi lebih sejuk serta dapat menyimpan air tanah lebih banyak. Hal ini terjadi karena tanah di bawahnya dapat menyerap air lebih banyak.

Pengertian Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Alam Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan interaksi manusia dengan lingkungan alam adalah: Pengertian interaksi manusia dengan lingkungan alam sekitar adalah hubungan yang terjalin antara manusia dengan lingkungannya yang melibatkan aksi reaksi sehingga di dalamnya terdapat unsur saling mempengaruhi satu sama lain.

Terdapat 2 kelompok dalam interaski antara manusia dengan alam yaitu interaksi yang menyesuaikan diri dengan alam dan interaksi yang mendominasi alam.

Untuk yang pertama dimana manusia beradaptasi dengan lingkungan alam contohnya seperti hidup dekat dengan alam sebab alam menjadi sumber makanan manusia. Selain itu, contoh selanjutnya adalah manusia bercocok tanam melihat musim penghujan.

Bahkan bagi pelaut atau yang berada di daerah pesisir pantai, yang kebanyakan mengkonsumsi ikan, akan berinteraksi dengan alam sekitarnya sebab manusia pada daerah pesisir akan berlayar dengan melihat keadaan cuaca.

Sedangkan pada penjelasan selanjutnya adalah interaksi manusia yang mendominasi Alam. Pada kali ini, melalui kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia dapat mengambil sumber daya alam bahkan memodifikasi cuaca dan bisa membuat hujan buatan.

11 Contoh Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Alam Sekitar (Foto: Artikelsiana.com)
11 Contoh Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Alam Sekitar (Foto: Artikelsiana.com)

Contoh Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Alam Sekitar Adalah?

Melihat dari penjelasan diatas, terdapat banyak interaksi manusia dengan alam sekitar yang sampai saat ini masih terus dilakukan.

Sebab hubungan manusia dengan alamt sekitar adalah setara dan saling membutuhkan. Berdasarkan dari hal itu, adapun contoh-contoh interaksi manusia dengan alam sekitar adalah:

  1. Manusia melakukan bercocok tanam yang hasilnya akan mendapatkan sayuran dan buah-buahan.
  2. Manusia berinteraksi dengan lingkungan alam sekitar dengan menjadi nelayan yang hasilnya bisa mendapatkan berbagai jenis ikan
  3. Manusia menanam bibit karang di laut yang hasilnya akan membuat ikan berkumpul dan berkembang biak.
  4. Manusia memelihara hewan ternak sapi untuk mendapatkan susu dan daging.
  5. Menjaga kesuburan tanah agar pada nantinya bisa digunakan untuk memberikan makan kepada hewan ternak.
  6. Menanam pohon bakau di pantai agar terhindar dari ombak dan melalui hal itu, bisa memberikan makanan bagi ikan-ikan.
  7. Petani mengeringkan padi di sinar matahari.
  8. Memperbaiki irigasi di sawah dan membersihkannya. Melalui hal ini, timbal balik yang dirasakan akan membuat sawah tidak kekurangan air dan tidak gagal panen.
  9. Nelayan akan berinteraksi dengan melihat cuaca apabila ingin berlayar.
  10. Membersihkan lingkungan alam sekitar contonhnya lingkungan rumah yakni got agar terhindar dari penyakit dan memberikan udara sejuk di sekitar rumah.
  11. Menghindari penggunaan kendaraan apabila jaraknya dekat sebab bisa mengurangi polusi lingkungan dan memberikan udara segar.

Demikianlah informasi mengenai 11 Contoh Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Alam Sekitar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *