10 Komoditas Unggulan Di Indonesia Yang Bernilai Ekspor Tinggi


Indonesia merupakan negara yang dimana seluruh dunia telah tahu bahwa negara berideologi Pancasila ini mempunyai kekayaan sumber daya alam yang tiada tara.

Saking kayanya, Indonesia menjadi incaran asing sejak dahulu masih berjuluk nusantara. Kedatangan mula-mulanya hanya berdagang, ternyata menggiurkan para bangsa lain untuk menjajah Indonesia karena kekayaan alam tersebut.

Sejumlah komoditas rempah-rempah pun menjadi buruan para kolonial tersebut untuk kemudian kembali di jual di daerah atau di benuanya. Sampai saat ini, Indonesia masih menjadi sahabat baik bagi negara-negara asing untuk menjalin kerja sama dalam hal perdagangan di seluruh dunia.

Sebab tidak sedikit komoditas Indonesia yang mampu memang di pasar dunia, yang membuat banyak komoditas yang dari produksi lokal menjadi produk nasional dan internasional.



Berbicara soal komoditas, arti komoditas itu sendiri menurut KBBI bahwa komoditas adalah barang dagangan utama, benda niaga, hasil bumi dan kerajinan setempat yang dimanfaatkan sebagai komoditas ekspor, atau bisa juga bahan mentah yang digolongkan menurut mutunya sesuai dengan standar perdagangan internasional.



Untuk menentukan sebuah komoditas, tidaklah serta merta begitu saja ditentukan. Terdapat kriteria atau ciri-ciri yang harus dipatuhi seperti Punya daya saing yang tinggi di pasaran seperti unik, spesifik, bagus dan harga murah.



Selain itu yang termasuk dalam komoditas unggul juga mempunyai potensial sumberdaya lokal yang dapat dikembangkan, punya nilai tambah tinggi, menguntungkan secara ekonomi dan meningkatkan pendapatan, serta layak didukung oleh modal bantuan atau kredit.

Sehingga komoditas unggulan adalah barang dagang paling besar yang diperjualbelikan. Menurut Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia, komoditas unggulan Indonesia adalah udang, kopi, minyak kelapa sawit, kakao, karet, TPT, alas kaki, elektronika, otomotif, dan furniture.

10 Komoditas Unggulan Di Indonesia Bernilai Ekspor Tinggi

Adapun penjelasan dari komoditas unggulan Indonesia itu adalah

1. Kopi

Berdasarkan data Kementerian Pertanian pada 2018, produksi kopi Indonesia mencapai 674.636 ton dengan jumlah total lahan 1.259.136 ha dan pada menurut BPS bahwa volume ekspor Indonesia per April 2019 mencapai 94,5 ribu ton dengan nilai sebesar US$259,5 juta. Jenis kopi ekspor Indonesia berupa kopi robusta, kopi luwak dan arabika.

2. Kakao

Kakao merupakan komoditas unggulan penghasil devisa terbesar yang bahan baku pembuatan coklat. Indonesia mengekspor kakao ke banyak negara seperti Amerika, Kanada, Jerman, Swiss, Rusia, Singapura, Jepang, dan China. Jumlah ekspor kakao menurut data Kemenperin tembus US$ 1,12 Miliar dengan surplus pada tahun 2018.

3. Udang

Sebagai negara berjuluk negara maritin, Indonesia kayak akan hasil laut seperti udang dengan komoditas unggulan yang diekspor hampir ke seluruh Asia, Australia, Amerika, dan Eropa. Dari data 2019, ekspornya mencapai 207,7 ribu metrik ton udang.

4. Minyak Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit merupakan komoditas unggulan penghasil devisa terbesar Indonesia dengan tujuan ekspor ke China, Singapur, India, Jerman, Spanyol, Amerika, Jerman dan beberapa negara lainnya. Dilansir dari Statista, pada tahun 2018 Indonesia mengekspor 29,3 juta ton minyak kelapa sawit, menjadikannya produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

5. Karet

Indonesia memiliki perkebunan karet yang luas dan menghasilkan karet alami dalam jumlah besar. Hal ini membuat karet alam menjadi komoditas unggulan penghasil devisa kedua terbesar setelah minyak kelapa sawit.

6. Furnitur

Indonesia memiliki alam dengan hutan yang sangat luas. Tidak heran jika hasil kayunya menjadikan Indonesia memiliki komoditas furnitur kayu yang sangat besar. Furnitur ini dieskpor ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Swiss, Jepang, Korea Selatan, China, Belgia, Spanyol, Inggris, dan Jerman.

7. TPT

TPT adalah industri tekstil dan produk tekstil merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia. Tujuan utama ekspor TPT dari Indonesia adalah Amerika Serikat, Jepang, Turki, Jerman, dan China.

8. Alas Kaki

Dilansir dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Indonesia merupakan produsen alas kaki keempat terbesar di dunia dengan 1.271 juta pasang alas kaki di tahun 2019. Alas kaki buatan Indonesia ini dikirim ke banyak negara contohnya Amerika Serikat, Australia, Hong Kong, Jerman, Inggris, dan Prancis. Jadi jangan heran ya jika kamu berjalan-jalan ke luar negeri dan menemukan banyak sepatu berlabel “made in Indonesia” di pusat perbelanjaannya.

9. Elektronika

Indonesia juga memiliki komoditas unggulan berupa peralatan elektronika yang dikirim ke banyak negara seperti Jepang, Jerman, Amerika Serikat, Kanada, Singapura, Australia, dan Belgia.

10. Otomotif

Indonesia memiliki berbagai pabrik otomotif seperti Nissan, Suzuki, Mercedes Benz, Toyota, Daihatsu, Honda, Isuzu, dan BMW. Sehingga membuat Indonesia menjadi penghasil otomotif terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Thailand.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Inilah 10 Komoditas Unggulan Di Indonesia Yang Bernilai Ekspor Tinggi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *