10 Fungsi-Fungsi Web Browser Saat Ini Adalah?


Fungsi Web Browser Adalah – Pada dasarnya browser adalah perangkat lunak atau sofware komputer yang berfungsi untuk menjalajahi internet. Biasanya browser disebut web browser. Istilah web browser terdiri dari kata Web dan Browser. Yang dimaksud dari kedua kata ini dimana arti web adalah kepanjangannya adalah website atau halaman situs.

Sedangkan browsert adalah media penjelajahnya. Sehingga secara sederhana pengertian web browser adalah alat halaman situs website.

Dalam sejarahnya pertama kali, web browser hanya berfungsi dan berperan untuk menampilkan teks bukan gambar. Namun terus mengalami perkembangan, web browser kini berfungsi menampilkan gambar, video dan suara. Bahkan fungsi dan peran yang dirasakan saat ini, web browser juga bisa menerima email, mengelola html.

Ada banyak macam-macam web browser yang sampai saat ini digunakan dan berfungsi untuk membantu manusia yakni web browser google chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera, Microsoft Edge, yahoo, dll.

Namun dari sekian banyak jenis-jenis web browser diatas, yang paling sering difungsikan adalah web browser Mozilla dan Chrome. Jenis web browser ini sangat populer sebab dinilai memiliki akses data yang cepat. Selain itu, kedua web browser ini mempunyai search engine yang lebih baik sehingga membuat pencaharian di internet juga lebih banyak didapatkan.

Apabila merujuk arti dari Wikipedia, definisi Web Browser adalah aplikasi/perangkat lunak yang difungsikan untuk mengambil, menyajikan, dan melintasi sumber-sumber informasi yang ada didalam jaringan internet (world wide web). Maksud dari sumber disini bisa berupa halaman situs, gambar, video, infografis, konten, dan yang lainnya.

Melihat dari penjelasan diatas, maka tujuan utama dari web browser adalah agar sumber informasi sampai kepada pengguna internet. Selain itu juga bisa mencari website, hanya dengan memasukkan Uniform Resource Identifier (URL) contohnya https://artikelsiana.com ke Browser. Pada prosesnya, web browser akan mencari dengan menampilkan ke bentuk HTML, dan yang di Marup ke dokumen interaktif.

Dengan era saat ini, web browser telah berevolusi dengan kemajuan yang bisa menampilkan file XML dan mempunyai plug-in untuk mendukung fungsi-fungsi web browser. Dengan manfaat itu, web browser juga mempunyai tempat download dan riwayat penjelahan sehingga tidak kesusahan dalam mencari tempat yang pernah kamu kunjungi.

Awal mula dari terciptanya Web Browser, telah ada saat tahun 80-an. Penemu web browser pertama kali bernama Tim Berners yang saat itu belum terhubung ke Jaringan internet. Hingga tahun 1991, web browser diluncurkan pertama kali di CERN.

Saat itu, juga bisa membuat website sehingga sasaran pasar saat itu adalah kalangan teknik dan informatika. Perkembangan semakin cepat hingga lahir web 2.0. Dengan ini, fungsi internet lebih interaktif. Debut ini juga terciptalah, youtube, wikipedia, dan blog. Namun perkembangan itu, ternyata mendapat serangan hacker. Sebab terdapat banyak celah dan ini kelemahan dari web browser.

Melalui debut web browser ini, membuat berbagai kalangan juga ikut berinovasi. Saat itu pada tahun 1990 terdapat nama Alan Emtage. Berkatnya, ia mampu melakukan pencaharian di internet disebut dengan “Archie”. Ia merupakan mahasiswa dari Universitas Mcgill di Montreal.

Proses kerjanya adalah dengan mendownload daftar direktori dari seluruh file dan ditempatkan pada alamat FTP, sehingga dengan itu, maka pengguna bisa menciptakan suatu filename database sehingga bisa dicari.

Perkembangan terus berlanjut dari Archie yang mengindex file komputer, sedangkan dari Mark Macchaill di Universitas Minnesota tahun 1991 dengan penemuan “Gopher” bisa meng-index teks dokumen sehingga berbentuk file teks, melalui ini juga terdapat banyak situs gopher yang menjadi website saat setelah terciptanya World Wide Web.

Selain itu terdapat program “Veronica” dan “Jughead”. Fungsinya untuk mencari file tersimpan di Gopher. Caranya dengan memakai kata kunci di menu judul seluruh daftar Gopher. Sedangkan Jughead adalah alat untuk mendapatkan menu informasi dari beberapa jenis Gopher server.

Tahun 1993, mahasiswa Universitas Illinois yakni Marc Andreessen, menciptakan web browser bernama Mosaic. Melaluinya, kita dapat menampilkan dokumen grafis dan memakai user interface secara grafis. Ini berfungsi agar memudahkan pengguna web browser serta file HTML bisa lebih baik.

Berkatnya, maka Netscape terbentuk sebagai perusahaan web browser Netscape Navigator. Perkembangan terus berlanjut hingga banyak web browser bermunculan seperti Excite, Infosee, Inktomi, Northern Light, dan AltaVista. Perkembangan semakin cepat saat munsul XML dan RSS. Melalui itu, muncullah feedster. Namun saat ini yang dikenal hanyalah, web browser google chrome, Mozilla Firefox, Safari, Opera, Microsoft Edge, yahoo, dll.

Apa Fungsi Web Browser itu?

10 Fungsi-Fungsi Web Browser Saat Ini Adalah?
10 Fungsi-Fungsi Web Browser Saat Ini Adalah?

Melalui sejarah dan perkembangan web browser hingga sekarang, terdapat manfaat yang dirasakan dari tahun ke tahun semakin lebih baik. Sebab fungsi web browser yang semakin kompleks sehingga dapat memudahkan setiap manusia dalam mencari di Internet.

Apalagi pengguna internet semakin beragam hingga merambah ke anak-anak di Sekolah Dasar. Melalui hal itu, maka penulis akan melampirkan mengenai Fungsi Web Browser sebagai topik pembahasan utama pada kali ini. Adapun fungsi-fungsi dari Web Browser adalah:

  1. Membuka laman website dengan mudah dengan.
  2. Memastikan keamanan suatu web sebab web browser mempunyai proses verifikasi sehingga menjaga agar virus tidak masuk ke sistem komputer.
  3. Dapat mencari foto dan video di web browser.
  4. Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan.
  5. Mendukung penggunaan search engine sehingga dengan memasukkan beberapa kata di address bar membuat lebih cepat.
  6. Bisa mencari hiburan seperti bermain game secara online.
  7. Dapat terhubung ke News populer di dunia dan di negara tempat berada.
  8. Dapat berbagai berbagai literatur keilmuwan kepada para pengguna internet.
  9. Dapat berbelanja dengan mengakses situs belanjar di internet.
  10. Berfungsi untuk menghubungkan dengan website yang memiliki jasa pembuatan email.
  11. Dapat melihat kode html, dari setiap website di internet.

Demikianlah informasi mengenai 10 Fungsi-Fungsi Web Browser Saat Ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *